Cara Kerja Fitur Perintah Suara Pada Wuling Almaz

SGMW Motor Indonesia (Wuling) tidak berhenti membuat gebrakan otomotif di dalam negeri. Merek asal China ini telah meluncurkan empat model dalam dua tahun dan baru saja memperkenalkan teknologi terbaru yang belum pernah dimiliki kendaraan beroda empat lain di Indonesia, yaitu sistemĀ  instruksi suara (voice command) yang berbahasa Indonesia.

Sistem instruksi suara ini sesungguhnya sudah biasa di kendaraan beroda empat lain yang sudah ada di Tanah Air, tetapi kebanyakan sistem instruksi suara masih menggunakan bahasa Inggris. Sistem instruksi suara pada Wuling, yang sekarang ini hanya dapat ditemukan pada Wuling Almaz, dirancang khusus hanya menggunakan bahasa Indonesia.

Sistem instruksi suara ini dinamakan Wuling Indonesian Command (Wind). Product Planning Wuling Indonesia Danang Wiratmoko mengatakan sistem instruksi suara ini memanfaatkan teknologi perusahaan asal Amerika Serikat yang merupakan pakar perangkat lunak instruksi bunyi bernama Nuance.

Baca Juga: Harga Mobil Ayla

Pada metode Wind, instruksi bunyi akan dideteksi mikrofon yang lokasinya berada di panel instrumen atas dekat spion tengah dan tombol buka-tutup sunroof. Posisi itu memungkinkan seluruh penumpang agar dapat ikut menggunakan sistem instruksi suara, bahkan memungkinkan hingga ke penumpang di kursi baris ketiga jika situasi kabin cukup sunyi.

Wind bukan hanya mendapatkan instruksi, tetapi juga berkomunikasi dua arah dengan mudah. Untuk membuka pembicaraan paling mudah dengan mengatakan ‘Halo Wuling’ kapan saja di kabin asal head unit menyala dan Wind dalam kondisi aktif.

Kata sapaan Halo itu yaitu kependekan dari Human Assistant Life Order.

Sesudah sapaan terdeteksi, Wind yang mengeluarkan suara perempuan akan menanggapi ‘Halo’. Setelah jawaban itu, penumpang dapat mulai memerintah lewat suara, misalkan ‘buka sunroof’, ‘turunkan temperatur ke 25 derajat’, ‘telepon istri’, ‘lagu berikutnya’, dan ‘buka jendela’ (hanya jendela sopir).

Secara umum, instruksi suara Wind mencakup AC, hiburan, jendela, sunroof, konektivitas telepon, penunjuk waktu, dan aplikasi lainnya.

Wind bukan hanya fungsional melainkan juga dapat menjadi hiburan di kabin selama perjalanan. Lucunya, seandainya di kabin berisik atau terlalu banyak instruksi bunyi dari penumpang, Wind dapat mengatakan, “Aku bingung”.

Selain mengatakan ‘Halo Wuling’, ada dua cara lain untuk berkomunikasi, yaitu menekan tombol di head unit atau menekan tombol di setir. Kedua cara ini dapat dipilih untuk pengemudi supaya mempermudah akses ke instruksi suara.

Simak Juga: Harga Daihatsu Sigra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *