Mencari sewa ruang kantor bulanan di Jakarta saat ini adalah hal yang tidak mudah. Mengapa demikian? Bagi Anda yang pernah berprofesi  sebagai HRD atau GA atau mungkin pernah diperintahkan oleh perusahaan untuk mencari ruang kantor yang disewakan, Anda tentu bisa merasakan alangkah kompleksnya sistem sewa kantor di Jakarta. Ada hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan terlebih dahulu untuk mendapat kantor yagn bagus di Jakarta. Apalagi yang dapat disewa dalam hitungan per bulan. Setiap perusahaan tentu mempunyai alasan kenapa hendak menyewa kantor secara bulanan dibandingkan menyewa per tahun. Alasan tersebut di antaranya yaitu sebagai berikut:

Bisa Pindah Sewaktu-waktu

Setiap ruang kantor di Jakarta tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Coba bayangkan bila Anda akan menyewa kantor dalam jangka waktu per tahun dengan biaya yang besar namun terbukti Anda tidak nyaman dengan kantor tersebut, tentu pada hasilnya Anda menjadi tidak nyaman bekerja di kantor terebut karena terpaksa demi menghabiskan sisa kontrak karena sudah terlanjur membayar selama setahun. Hal ini akhirnya berdampak pada produktivitas kerja yang kurang maksimal. Lain halnya bila Anda menyewa ruang kantor bulanan, Anda bisa langsung pindah bila merasa kurang nyaman dengan kantor tersebut.

Hemat Anggaran

Bagi perusahaan baru, menyewa kantor dengan hitungan per tahun tentu membutuhkan biaya yang cukup besar. Apalagi seperti yang diketahui, harga sewa kantor di Jakarta saat ini sangatlah mahal. Dengan sewa kantor bulanan, Anda hanya mengeluarkan biaya untuk sewa yagn tidak terlalu besar sehingga uang lainnya bisa dipakai untuk operasional dan pengembangan perusahaan sehingga perusahaan lebih cepat berkembang.

Setelah mengetahui alasan tersebut, mungkin Anda berminat untuk mencari kantor di Jakarta yang disewakan secara bulanan. Untuk mempermudah Anda mendapat kantor tersebut, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memilih kantor sewa bulanan di Jakarta.

– Pilih Lokasi Terbaik

Ini adalah hal utama yang perlu diperhatikan dalam memilih kantor. Pilihlah kantor yang letaknya terhindar dari 3 in 1. Kecuali Anda terpaksa menerima lokasi tersebut, pilihlah gedung yang mempunyai rute jalan masuk belakang atau yang telah bekerjasama dengan kepolisian setempat. Jadi para karyawan yang bekerja di sana akan terbebas dari 3 in 1 disaat memperlihatkann kartu petunjuk pengenal mereka. Selain itu, lokasi kantor yang disewa sebaiknya juga mudah diakses oleh bermacam sarana transportasi termasuk angkutan umum. Jika perusahaan Anda cukup banyak akses ke bandara, pilihlah gedung yang letaknya mudah masuk ke tol bandara.

– Baiya dan Luas Area

Area sewa kantor bulanan di Jakarta saat ini cukup beragam. Ada yang kantornya disewa dalam kurs rupiah dan ada pula yang USD. Sebaiknya Anda memilih kantor yang biaya sewanya dalam rupiah. Alasannya bila kantor disewakan dengan kurs USD, disaat rate USD naik maka harga sewa kantor juga akan turut naik.

– Biaya Service Charge

Dalam menyewa ruang kantor di Jakarta, Anda perlu memperhatikan apa saja biaya yang perlu Anda bayarkan. Sebelum menyewa tanyakan dahulu apakah harga sewa yang ditawarkan telah termasuk biaya service charge. Biaya service charge umumnya cukup banyak karena mencakup layanan keamanan, kebersihan, dan perawatan gedung. Biaya gedung juga telah disediakan fasilitas listrik, AC, dan malah office hour yang akan ditambahkan ke dalam service charge. Biaya lain yang juga ditambahkan umumnya yaitu internet dan telepon. Biaya listrik umumnya dihitung dalam KWH meter secara terpisah. Jadi pembayaran listrik akan disesuaikan dengan besarnya penggunaan kantor Anda. Yang perlu dicatat yaitu biaya listrik tersebut bukan menurut biaya PLN melainkan biaya gedung. Sementara itu untuk telepon umumnya telah disediakan oleh gedung dan telah ada deposit telepon di setiap line. Begitu pula dengan jaringan dunia online. Pihak gedung umumnya telah bekerjasama dengan sebagian provider sehingga Anda hanya bisa memakai dunia online dari provider yang telah bekerjasama dengan gedung, Untuk pembayarannya, umumnya Anda akan membayar langsung ke provider sesuai dengan paket yang dipilih.

Itulah sebagian tips untuk sewa ruang kantor bulanan di Jakarta. Semoga tips di atas bisa membantu Anda.

Baca Juga: Sewa Ruko

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *