Tips Merancang Perjalanan Tak Terlupakan ke Afrika Selatan

Bagi Anda penyuka liburan di antara estetika keindahan alam, kehidupan malam, dan keunikan adat istiadat lokal, Tour Afrika Selatan menjadi destinasi yang pas untuk Anda. Negara ini cocok dikunjungi, walau hanya sekali untuk seumur hidup sebab Anda akan mendapat kenangannya yang tak terlupakan. Ada banyak daerah menarik seperti Rumah Nelson Mandela yang legendaris, Table Mountain untuk didaki, kebun anggur tempat santai sambil mencicipi wine langsung dari pembuatnya, dan Boulders Beach tempat Anda dapat merasakan pantai sambil bermain bersama hewan pinguin. Anda juga dapat menikmati perpaduan adat istiadat suku-suku Afrika dengan pendatang dari Belanda, Inggris, Jerman, Perancis, maupun Indonesia. Seluruh keunikan itu dapat ditemui di dua kota, Johannesburg dan Cape Town. Tetapi sebelum pergi ke sana, ada yang patut Anda siapkan, mulai dari akomodasi, tikey, agenda perjalanan, dan mental. Berikut ini tips selengkapnya:

1. Pasang peringatan untuk tiket penerbangan
Jika telah merencanakan untuk mengunjungi dua kota di Afrika Selatan tersebut, Anda perlu memasang price alert di situs pembelian tiket online langganan anda. Sehingga Anda tak tertinggal informasi saat ada tiket penerbangan murah. Karena dua kota itu berada di lokasi berbeda, siapkan pula agenda perjalanan dan kepulangan secara mendetail. Pakai multi-city flight untuk mengorder tiket menuju Johannesburg kemudian carilah tiket pulang dari Cape Town ke Jakarta. Banyak maskapai ke Johannesburg, begitu juga dari Cape Town ke Jakarta sehingga mudah mengombinasikannya agar lebih murah. Contoh, Anda dapat memesan tiket Ethiopian Airlines dari Jakarta ke Johannesburg, lalu belilah tiket Etihad untuk pulang dari Cape Town ke Jakarta. Alternatif multi-city flight mungkin terlihat sepele. Tetapi, pilihan itu dapat membuat perjalanan Anda jauh lebih nyaman. Anda dapat memihat dua atau beberapa kota sekaligus di Afrika Selatan, dan lebih hemat waktu sebab tak perlu kembali ke kota awal untuk mendapat penerbangan pulang.

Baca Juga: Komodo Liveaboard

2. Persiapan keamanan
Perjalanan di Afrika tak sama dengan negara-negara lain seperti Jepang atau Benua Eropa. Risiko keamanan lebih tinggi di sini, walau umumnya jarang menimpa turis. Tetapi Anda tetap sebaiknya waspada saat merencanakan perjalanan. Di Johannesburg, hindari berjalan sambil menunjukkan barang-barang yang terlihat mahal, misalkan smartphone atau kamera. Tinggalkan dompet di hotel dan bawa uang secukupnya. Berbicaralah dengan petugas hotel, cari tahu jam-jam atau lokasi yang wajib dihindari. Demikian pula untuk Cape Town. Walau lebih aman, tingkat keamanan di kota ini masih termasuk buruk. Jadi hindari bepergian hingga ke tempat sub-urban dan jangan keluar malam hari. Catat juga jam-jam dan tempat yang wajib dihindari.

3. Siapkan diri untuk petualangan di luar
Walau keamanan patut menjadi perhatian, bukan berarti liburan Anda patut dihabiskan di dalam kamar hotel saja. Pergilah keluar, lalu siapkan diri untuk menjelajah berbagai tempat bersejarah dan panorama alam.

Di Johannesburg, tak banyak atraksi yang dapat dikunjungi. Tujuan utama Anda di sini hanyalah mengunjungi musem Apartheid dan rumah Nelson Mandela. Keduanya tak boleh dilewatkan sebab erat sekali hubungannya dengan sejarah Afrika. Selepas dua daerah itu, langsung pindah ke Cape Town. Ada banyak alternatif di sana. Kalau berkeinginan naik ke puncak gunung, cek kereta kabel ke puncak Table Mountain. Jika kereta kabel beroperasi, segera naik. Kereta sering kali tak dapat beroperasi sebab angin yang kencang. Jadi kesempatan ini jangan disia-siakan. Di Cape Town, jangan lupa untuk mampir ke Boulder’s Beach. Nikmati estetika alam pantai, pasir putih, dan rombongan pinguin yang umumnya berkeliaran di sana.

4. Waspada dengan atraksi atau tempat mahal
Sama seperti di banyak tempat liburan negara berkembang lainnya, Anda harus waspada terhadap atraksi atau restoran yang terlewat mahal. Apalagi jika Anda melakukan perjalanan dengan budget kecil, kekeliruan seperti ini akan sungguh menyiksa. Di Cape Town, Anda akan menemukan atraksi yang terlewat mahal seperti di sekitar kawasan Camps Bay Strip dan V&A Waterfront. Sedangkan untuk restoran, Anda patut amat berhati-hati sebab umumnya mereka sangat lihai menutupinya dan baru akan ketahuan saat bon orderan diberikan. Untuk menghindari daerah-daerah mahal itu, carilah info sebanyak mungkin perihal suatu atraksi atau restoran. Perhatikan juga ke mana para penduduk lokal pergi, supaya dapat menjadi acuan daerah yang aman dari persoalan tarif yang terlewat mahal.

5. Transportasi yang amat terbatas
Transportasi publik sama-sama terbatas di Johannesburg atau Cape Town. Namun, keduanya masih lebih bagus dibanding kota lain di Afrika Selatan. Anda harus lebih menyiapkan diri dengan situasi seperti itu.

Kalau berada di Johannesburg, transportasi andalan masyarakat untuk bepergian umumnya berupa angkutan kota minibus. Ini adalah transportasi paling murah dan menjangkau banyak daerah. Opsi transportasi publik lainnya adalah metrobus yang mempunyai rute cukup luas, walau tak seluas angkutan kota minibus. Kalau berkeinginan bermigrasi dari Johannesburg ke kota lain, Anda juga dapat menerapkan gautrain. Ketika sampai di Cape Town, transportasi akan lebih baik, walau sama-sama terbatas. Setidaknya Anda dapat mengguakan bus MyCiti untuk menjangkau berbagai lokasi liburan dan bandar udara. Cukup download aplikasi MyCiti untuk dapat melihat rute jalanan bus itu dengan tepat.

Jadi telah siapkah Anda bertualang di Afrika Selatan? Jangan lupa sediakan banyak waktu supaya Anda dapat merasakan berbagai kota sekaligus. Selain itu, siapkan juga kamera untuk mengabadikan tiap-tiap momen yang ada di sana.

Simak Juga: Wisata Pulau Seribu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *